Apa sih PLAGIAT itu ?
Ada yg tau defisi lengkap tentang PLAGIAT ?
PLAGIAT, menurut kamus adalah menjiplak sesuatu tanpa izin pemiliknya. Nah , dari definisi-nya aja ..udah keliatan banget kan , kalo kegiatan jiplak-menjiplak , memplagiat , meniru terang-terangan terhadap hasil karya orang lain tuh , iih waaw ..ngeselin banget .
Ada orang yg diam-diam ngelakuin tindakan menjiplakanya itu , ada juga orang yg gatau malu , ato saking mukanya tebel banget kayak tembok , dia menjiplak karya orang lain secara terang-terangan .
Tapi .. gg usah kuatir deh . Orang pintar (berasa iklan) , atau orang teliti , dan semacamnya pasti bisa kok , membedakan mana yg asli dan mana yg hasil jiplakan . Contohnya , beberapa hari yg lalu gue dikagetkan dengan sebuah postingan di blog orang lain , yg mirip sama postingan di blog gue . Gue nggak bakalan protes kalo di bawah postingan itu ada keterangan dia menjiplak dimana , tapi ini nggak ada maan.. !! Dan secara kebetulan juga , gue kenal lho sama si empunya blog tersebut . Oke , sekali ini , gue diem deh . Ternyata eh ternyata ! Nggak cuma postingan gue aja yg dia ikutin , gaya foto-foto gue , account friendster gue , dan cara bicara gue pun dia ikutin sampai ke detail-detailnya ! Gila !
Disitulah titik dimana gue mulai berpikir , apa sih yg salah sama gue ? I'm Not Miss Issabella Swan , yg diceritakan bahwa she's magnet, yg selalu menarik bahaya di manapun dia berada . Gue bukan seseorang yg bakal menarik orang lain buat suka sama gue , ataupun menjiplak banget-banget apa yg udah terbentuk dalam diri gue . So ? Nothing .
Setau gue , boleh-boleh aja meniru , menjiplak , karya orang lain . Nggak cuma karya pastinya , bisa ide , dll . Tapi pake IZIN dong ! Pantesan aja musisi-musisi pada ngamuk kalo karya mereka dibajak . Ya iyalah ! Capek-capek buat karya , menguras tenaga dan waktu , eh .. ada tangan jail yg nerobos . Nggak asik banget deh ! Ada kalanya seseorang yg menciptakan sebuah karya , cuma pengen mempublikasikan karya tsb. atas namanya sendiri , tanpa campur tangan pihak lain. So , berusaha sendiri dong , kalo pengen hasil karya lo , or anything yg lo punya di hargai , dan dikagumin sama orang lain . Jangan ngejiplak ! Terang-terangan lagi .
Gue pernah denger seseorang yg bilang , "..apapun yg kita hasilkan , kalau hasil itu adalah hasil kita , maka hasilnya pun akan sangat memuaskan.." . Artinya , hasil karya kita akan lebih dihargai dan diterima orang lain , kalau hasil karya , ide dsb. tsb. adalah murni hasil pemikiran kita . Masih ada niat buat jadi PLAGIAT ?
Minggu, 17 Mei 2009
Hadirnya Seorang PLAGIAT
Langganan:
Posting Komentar (Atom)



0 komentar on "Hadirnya Seorang PLAGIAT"
Posting Komentar